Ramadhan Membawa Berkah

Meski di tengah pandemi dan suasana puasa Romadhon, SMA Negeri 1 Moyo Utara tetap bergerak, berbenah, dan mengabdi. Seperti yang terlihat pada Senin 26 April lalu, siswa SMA Negeri 1 Moyo Utara beramai-ramai membagikan ta’jil bagi masyarakat yang melintasi jalan menuju sekolah. Tidak hanya itu pembagian ta’jil juga dilakukan di puskesmas Moyo Utara. Kegiatan ini diinisiasi oleh DWP Unit SMA Negeri 1 Moyo Utara, yang disambut gembira oleh OSIS dan siswa kelas X. DWP bertugas menyiapkan dan memasak ta’jil sedangkan OSIS bertugas dalam pembagian ta’jil. Namun tak disangka siswa kelas X yang memanfaatkan hasil kebun mereka melaksanakan praktik mata pelajaran PKU (Prakarya dan Kewirausahan). Mereka juga ingin terlibat dalam kegiatan berbagi ta’jil. “Alhamdulillah lebih kurang 200 paket ta’jil habis terbagi dalam waktu kurang dari satu jam,” imbuh Kepala Sekolah Bapak Herdiyanto, S.Pd.,M.Si.

Pada sore itu pula, ketua DWP Unit SMA Negeri 1 Moyo Utara menyerahkan bingkisan Romadhon kepada siswa-siswa terpilih. Berharap bingkisan Romadhon dapat membantu kebutuhan siswa dan keluarga. Lebih lanjut kepala sekolah menerangkan bahwa melibatkan siswa dalam kegiatan tersebut adalah upaya penanaman karakter pancasila. Dengan kegiatan tersebut kami berharap mereka dapat menerapkan sikap bergotong royong, berpikir kritis (peduli pada sesama), serta kreatif (pandai memanfaatkan situasi).

SMA Negeri 1 Moyo Utara juga membenahi layanan sekolah dengan program digitalisasi perpustakaan. Kondisi pandemi yang terus berlangsung, menyebabkan tatap muka belum bisa dilaksanakan. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan guna memenuhi kebutuhan peserta didik akan keberadaan sumber ilmu dan informasi. Dengan menggandeng SMA Negeri 3 Sumbawa Besar, SMA Negeri 1 Moyo Utara yakin jika perpustakaan digital akan sangat membantu siswa beserta guru dalam menemukan referensi dimanapun mereka berada. Selain kemudahan memperoleh sumber belajar, koleksu buku perpustakaan terdata dengan rapi, alur keluar masuk masuk buku dapat direkam dengan baik, dan grafik kunjungan perpustakaan dapat dilihat setiap bulannya. Harapannya, SMA Negeri 1 Moyo Utara dapat beradaptasi dengan zaman dan kondisi alam yang ada. “Perpustakaan digital ini juga diharapkan semakin mengembangkan kegiatan literasi di sekolah,” imbuh kepala sekolah. Berbenah memberikan pelayanan terbaik pada siswa, bergerak memberikan pengabdian pada masyarakat adalah dua hal yang akan terus diupayakan oleh SMA Negeri 1 Moyo Utara, agar eksistensi sekolah berdampak positif pada lingkungan masyarakat.

Sumber Berita : Kepala sekolah

Baca Berita Lainnya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1444H

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1444H di SMAN 1 Moyo Utara berlangsung meriah. acara dibuka dengan lantunan sholawatan dari group sholawat Rohis Al-Ishlah, di buka acara oleh  Kepala Sekolah  Ibu Ainun ASmawati, S.Pd., M.Pd. Tausiyah islamiyah oleh ustadz Ade Ilham, S.Ag. Siswa menyambut ceramah beliau dengan antusia. Tausiyah yang disampaikan mengenai meneladani akhlak dan nilai-nilai perjunagan Rasulullah saw. 

Admin, 14 Oktober 2022

Penyerahan Donasi Untuk Bencana Gempa Sulawesi Barat dan Banjir Di Kalimantan Selatan

Penyerahan Donasi Untuk Bencana Gempa Sulawesi Barat dan Banjir Di Kalimantan Selatan

Administrator, 28 Januari 2021

Pemilihan Ketua Osis

Kegiatan Pemilihan Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis SMA Negeri 1 Moyo Utara

Admin, 17 September 2024

Perluasan Jaringan untuk digitalisasi

Perkuat jaringan internet di lingkup sekolah

Administrator, 07 September 2020