Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di Tahun Pelajaran 2022-2023. Para guru di satuan Pendidikan harus dapat menyesuaikan kurikulum yang berpusat pada siswa ini demi kelancaran dalam memberikan pembelajaran. Langkah stategis yang dilakukan oleh bidang kurikulum sekolah dalam menerapkan kurikulum baru ini adalah melalui workshop implementasi kurikulum merdeka. SMAN 1 Moyo Utara menyelenggarakan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini selama 2 hari pada tanggal 16-17 November 2022 . Ainun Asmawati selaku kepala sekolah mendatangkan tiga narasumber dalam workshop tersebut dan diikuti oleh 27 peserta guru.

  Hari pertama materi disampaikan pada pukul 08.00 WITA diisi oleh  Sugiono Untung. Beliau adalah pengawas pembina di Kantor Cabang Dinas Dikbud Sumbawa. Beliau memaparkan tentang capaian pembelajaran yang akan diditurunkan dalam penyusunan modul ajar.  Materi kedua disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Dikbud Sumbawa Nasrullah Darwis. Beliau menyampaikan mengenai assesmen dalam implementasi kurikulum merdeka.

Materi ketiga diawali dengan menyanyikan mars NTB Gemilang oleh seluruh peserta workshop. Mars NTB Gemilang dibawakan oleh peserta dengan penuh kehikmatan. Guru sebagai suri teladan bagi peserta didik harus membekali kemampuan berbudaya. Menyanyikan mars NTB Gemilnag dapat menumbuhkan rasa cinta dan rasa memiliki daerah NTB tercinta kita. Selanjutnya Ahmad Sukri sebagai pembicara kedua pun menyampaikan materi dan diikuti oleh para peserta dengan penuh antusias. Materi kedua disampaikan pada pukul 14.00 WITA hingga selesai. Sukri  menjelaskan mengenai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  (P5) sebagai proyek penguatan karakter dalam penerapan kurikulum merdeka. Beliau membahas tuntas mengenai P5 bahwasannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikulerberbasis projek, yang dirancang untuk menguatkankompetensi dan karakter siswa, guna memberi kesempatan kepada siswa untuk “mengalami dan memahami pengetahuan” tidak hanya “menerima pengetahuan” dengan hanya berpaku pada teori dan kemampuan menghafal materi.

Sumber Berita : kurikulum

Baca Berita Lainnya

Pengambilan Video Kepala Dinas Dikbud NTB untuk bincang Gemilang, Goes to OPD mengenai progres program unggulan Dinas Dikbud NTB bersama Diskominfotik NTB.

Pengambilan Video Kepala Dinas Dikbud NTB untuk bincang Gemilang, Goes to OPD mengenai progres program unggulan Dinas Dikbud NTB bersama Diskominfotik NTB.

Administrator, 05 Nopember 2020

Perluasan Jaringan untuk digitalisasi

Perkuat jaringan internet di lingkup sekolah

Administrator, 07 September 2020

Rapat Koordinasi Program SMA Plus di SMAN 1 Moyo Utara

Rapat Koordinasi Bersama Kepala Cabang Dinas Dikbud Sumbawa Membahas Program SMA Plus

Administrator, 07 Agustus 2021

Kegiatan sabtu budaya di SMA Negeri 1 Moyo Utara

Kegiatan sabtu budaya di SMA Negeri 1 Moyo Utara diisi dengan senam gatra dan permainan tradisional

Kehumasan, 11 September 2021